....

....
Searching...

Fieldtrip SD Bina Insan Mandiri

23.27


SDBIM.SCH.ID – SD Bina Insan Mandiri Studi Lapangan (Fieldtrip) ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Museum Al-Quran, Museum Serangga, Musium IPTEK [11/15], Seperti yang kita ketahui dari kegiatan pembelajaran di sekolah, selain melakukan aktivitas belajar di kelas, SD Bina Insan Mandiri juga  menerapkan konsep studi lapangan atau yang biasa disebut dengan Fieldtrip ini. Fieldtrip merupakan suatu istilah yang memiliki arti studi lapangan yang dilakukan oleh para peserta didik untuk belajar dan melakukan trip menuju luar lapangan sekolah.


Studi lapangan ini biasanya dapat dilakukan di sekitar daerah kawasan luar sekolah seperti menuju ke tempat wisata yang sudah terkenal akan tempat wisatanya dan melakukan pembelajaran langsung di lokasi tersebut dan SD BIM memilih tempat Fieldtrip di Taman Min Indonesia Indah (TMII) sebagai tempat studi lapangan. Dengan adanya kegiatan pembelajaran di luar sekolah, peserta didik mampu belajar lebih banyak dan mendapat pengalaman lebih dari kegiatan mereka di luar sekolah yang bisa sekaligus melatih diri sang anak untuk hidup lebih mandiri.
Dapat kita lihat apabila peserta didik yang sering diajak Fieldtrip, mereka mampu bekerja lebih aktif, dapat belajar untuk hidup bermandiri, menyegarkan beban pikiran, menghilangakan rasa bosan dengan terus belajar di dalam kelas, belajar banyak hal tentang fakta di sekitar mereka sehingga mereka mampu memperoleh informasi lebih untuk bekal diri mereka. Para peserta didik juga dapat dilatih untuk bersosialisasi dengan kehidupan luar mereka untuk menjadi orang yang lebih berpengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat. Harapannya kegiatan ini membuka mata peserta didik agar tak seperti kodok dalam tempurung. Mereka mampu melihat kehidupan yang ada di luar kehidupan mereka sehingga mereka mampu mengambil kesimpulan atau memperoleh pengertian yang baru tentang kehidupan mereka sekarang ini.


Kepala Sekolah SD Bina Insan Mandiri : Siti Djabali Rochmah, S.Pd  “menjelaskan Fieldtrip bukanlah suatu kegiatan bagi para peserta didik untuk bertamasya ataupun bermain saja diluar lingkungan sekolah. Namun Fieldtrip tersebut dilakukan dengan menyertakan tugas laporan yang hendak mereka cari tentang informasinya. Para peserta didik biasanya diberi suatu kertas laporan untuk menuliskan informasi apa saja yang mereka dapatkan lalu diberi tes berupa ulangan untuk mencoba pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan studi lapangan tersebut. Ada juga beberapa guru yang akan menganjurkan mereka untuk menuliskan artikel ataupun jurnal dari wilayah objek wisata yang telah mereka kunjungi sehingga adanya suatu laporan dari setiap peserta didik yang telah melakukan pengamatan studi lapangan”.